Sabtu, 21 Januari 2012

ARK

BAB I

Aturan Rutin Kelas (ARK)


Aturan Rutin Kelas (ARK) adalah aturan-aturan dan prosedur yang dirumuskan oleh guru serta dimengerti oleh murid, untuk mengatur kegiatan dan perilaku sehari-hari(Ian Collingwood, h. 79), terutama dalam kegiatan belajar. Jadi memiliki aturan yang jelas dan bagaimana cara untuk melakukannya, merupakan sesuatu yang penting bagi seorang guru PKR.
Sebetulnya di kelas Anda sudah ada ARK, tetapi kebanyakan tidak berkaitan dengan kegiatan pelajaran. Misalnya: berbaris sebelum masuk kelas, mengucapkan salam, penggiliran piket. Ini merupakan bukti bahwa ARK dapat dilaksanakan dalam kelas PKR. Dengan demikian guru PKR dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Menciptakan ARK yang sudah begitu melekat dalam tingkah laku murid merupakan awal yang baik dalam melaksanakan PKR.
Agar Anda dapat meningkatkan kegiatan belajar dengan ARK, maka Anda harus memahami betul apa yang dimaksud dengan ARK. ARK terdiri dari dua jenis, yaitu ARK untuk murid dan ARK untuk guru. Untuk menciptakan ARK ini, Anda sebaiknya bertitik tolak dari jadwal pelajaran dan persiapan pembelajaran yang Anda susun.
Selain itu, ARK ini dapat dipersiapkan untuk kegiatan baik pagi hari sebelum kelas dimulai, pada saat pembelajaran sedang berlangsung atau pada saat selesai kegiatan kelas pada siang hari. Ini sangat penting bagi Anda, dan Anda harus sudah mempunyai rencana yang jelas untuk kegiatan hari itu sebelum murid-murid datang di sekolah.

Bagaimana Anda harus mempersiapkan ARK untuk diri sendiri?
Sebagai guru PKR harus mempunyai ARK bagi diri sendiri. Untuk ini perlu melihat jadwal dan persiapan mengajar yang sudah dipersiapkan. Berdasarkan hal itu, harus mempersiapkan ARK untuk kegiatan-kegiatan yang cocok dilaksanakan pada pagi hari sebelum kelas dimulai, pada saat kosong , atau untuk megisi kegiatan menjelang siang.
Berikut ini contoh ARK bagi guru
a.       Papan tulis
Papan tulis harus sudah dibersihkan sebelum pelajaran dimulai. Apakah sudah membuat tugas-tugas sebelum kelas dimulai. Kalau mengajar merangkap dua kelas dalam satu ruangan, maka papan tulis dibagi dua, dan tugas untuk kedua kelas tersebut sudah tersedia di papan tulis. Sehingga pada saat mulai masuk kelas, mereka sudah siap untuk mengerjakan tugas.
b.      Alat tulis
Memeriksa persediaan kapur tulis, penggaris dan penghapus sehingga pada saatnya Anda tidak sibuk untuk mencari-cari kapur tulis.
c.       Sumber bahan
Semua sumber bahan, alat peraga, dan alat pelajaran sudah disiapkan sehingga pada saatnya Anda tidak repot mencarinya.
d.      Tutor
Sudahkah Anda mempersiapkan tutor untuk membantu murid lain yang memerlukan bantuan. Tutor harus sudah mengetahui tugas mereka kapan saja diperlukan. Oleh karena itu Anda sebagai guru harus sudah mempersiapkannya dengan baik.

ARK yang efektif adalah yang memungkinkan murid untuk dapat memulai kegiatannya secara cepat dan terarah. Murid sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan dan kerjakan, tugas Anda selanjutnya untuk memotivasi belajar murid.







DAFTAR PUSTAKA

http://pjjpgsd.dikti.go.id/file.php/1/repository/dikti/Mata%20Kuliah%20Awal/Pembelajaran%20Kelas%20Rangkap/BAC/PKR_Unit_3_0.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Our Partners

Resources

Bookmarks

Blogger templates

Popular Posts

Pengikut