Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan
dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamas.
·
Membaca
: Memahami teks pendek dengan
membaca nyaring.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan
menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
:
·
Mengapresiasi karya seni
rupa.
· Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa.
Kompetensi
Dasar :
1. IPS
:
·
Mengidentifikasi identitas
diri , keluarga, dan kerabat.
2. IPA :
·
Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya
serta cara perawatannya.
3. PKN :
·
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan
suku bangsa.
4. Matematika :
·
Membilang banyak benda .
·
Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan
bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf.
6. Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam
sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting /
menyobek..
I. Tujuan Pembelajaran** :
·
Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan
anggota keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota
tubuhdan kegunaannya.
·
Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat
tubuhnya.
·
Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari
laki-laki dan perenpuan.
·
Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan
yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing
bilangan.
·
Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola
teratur.
·
Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan
bahasa yang santun.
·
Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·
Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf,
gambar.
·
Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.
·
Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik,
garis membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan
teknik menyobek dan menggunting.
v
Karakter
siswa yang diharapkan :
v Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta
tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
v
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
·
Berorientasi
tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi
ke masa depan
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara
perawatan.
·
Hidup rukun dalam perbedaan
·
Oprasi hitung.
·
Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang
didengar.
·
Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi
pada berbagai benda.
·
Membuat karya kerajinan .
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti
:
Minggu
I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “
dua mata saya “
F Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi
sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
F Menyebutkan perbedaan
tugas antara laki-laki dan perempuan.
F Melakukan tanya jawab
tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
F Mengamati benda yang
diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik,pensil,dll )
F Mengamati benda yang
ada di sekeliling siswa ( meja, buku,
tas, dll )
F Membilang benda yang
ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
F Menyimpan kartu
bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
F Menyanyikan lagu “pergi sekolah “
F Menceritakan dengan
kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
F Melakukan tanya
jawab tentang persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
F Mendengarkan
penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
F Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan
keuntungan kita mempunyai identitas diri.
F Membilang benda yang
diamati . secara individual dan klasikal.
F Melakukan
penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
F Menyebutkan bilangan
yang tepat sesuai dengan banyak benda
F Mengisi soal yang berkaitan dengan banyak benda.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat
Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
F Secara bergiliran
memperkenalkan diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung beda pada
gambar/ model dengan jumlah benda 1 –
10.
F Menyebutkan jumlah
banyak benda 1 – 10.
F Meletakkan kartu
bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F Seorang siswa
meletakkan benda dan siswa lain
menyimpan kartu bilangan yang tepat
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan
pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
F Mengungkapkan
deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
F Contoh : Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis,
bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
F Mencoba untuk
mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
F Mengamati
manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 –
15.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung banyak
benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
F Menyebutkan bilangan
yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
F Menyimpan kartu
bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
F Menuliskan lambing
bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
F da jumlahnya untuk
menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
F Membilang tiap
kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan
yang tepat pada tiap kelompok benda.
F Membandingkan jumlah
benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada
kedua kelompok benda tersebut.
F Melakukan hal sama
pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
F Melakukan pengamatan
terhadap gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “
Dua mata saya “
F Menyebutkan nama
anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
F Menyebutkan nama
anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
F Menunjukkan dan
menyebutkan nama anggota tubuh melalui
tubuh temannya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengenal
titik sebagi awal sebuah gambar.
F Menggabungkan
beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan
titik-titik yang berderet.
F Mengamati gambar
anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan
dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat garis lurus,
garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
F Membuat aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung
) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
F Membuat gambar yang
berunsur garis.
F Mewarnai gambar tubuh
dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “
dua mata saya “
F Menunjukkan gambar
dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan
dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
F Mengamati gambar
bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.
F Meletakkan kartu yang
bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan
F Pada kartu yang
bertuliskan kegunaanya.
F Mengamati banyak
benda yang disediakan guru.
F Membilang benda
tersebut dengan jumlah berfariasi. ( 11 – 20 )
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama
bilangan sesuai dengan banyak benda.
F Membandingkan kembali
dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
F Menjelaskan bahwa dua
kumpulan benda tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama banyak.
F Menyebutkan nama
teman yang berjenis kelamin laki –laki dan perempuan.
F Memberikan contoh
kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..
F Melakukan diskusi
sederhana tentang kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki maupun
perempuan.
F Mengambil kesimpulan
bahawa hak dan kewajiban laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak dapat
dilakukan oleh laki-laki
maupun perempuan sebagai kodrat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyimak
tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
F Menjelaskan manfaat
mempunyai alamat tempat tinggal
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat bentuk garis,
lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
F Memperhatikan lembar
tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran dengan
posisi duduk dan memegang alat tulis yang benar.,
F Menjiplak berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
F Menceritakan alamat
rumah dan alamat sekolah
F Menceritakan kegiatan
sebelum pergi ke sekolah.
F Menceritakan keadaan
sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.
F Menyebutkan bilangan
yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F Menuliskan di udara
bentuk bilangan 1 sampai 10.
F Menuliskan bilangan
yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F Membaca nama bilangan
yang tertera pada papan tulis.
F Mengerjakan latihan
menuliskan lambang bilanagn dan membacanya secara individual dan klasikal.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyimak
uraian tugas yang disampaikan guru,
F Memperhatikan Lembar
tugas yang diberikan guru, yang harus
dilakukan adalah menebalkan bentuk, garis, lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan
yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F Menuliskan di udara
bentuk bilangan 11 sampai 20 .
F Menuliskan bilangan
yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F Membaca nama bilangan
yang tertera pada papan tulis.
F Mengerjakan latihan
menuliskan lambang bilangan dan
membacanya secara individual dan
klasikal.
F Menirukan kata-kata
yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu.( ceuli, peureup, beubeur, dll )
F Mengeja setiap kata
untuk membedakan bunyi dan penulisan antara
e`, e, dan eu.
F Membedakan suara e`,
e dan eu pada kata dengan cara menyimpan kartu huruf dengan tepat.
F Membaca ulang secara
individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal
e`, e, dan eu.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca
huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.
F Membaca lambang
bilangan 1 – 10 yang di perlihatkan guru
melalui kartu bilangan secara urut.
F Membaca lambang
bilangan 11 – 20 yang diperlihatkan guru
melalui kartu bilangan secara urut.
F Membaca lambang
bilangan 1- 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu huruf secara acak.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan menjiplak
bentuk huruf lepas a, i, dengan posisi
duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
F Menebalkan bentuk
huruf lepas a , i dengan posisi duduk dan memegang alat tulis
yang baik.
F Menyimpan kartu
bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru..
F Mengambil kartu
bilangan sesuka hati lalu membacanya.
F Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
F Mengelompokkan benda
tersebut dari jumlah yang terkecil.
F Membaca lambang
bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
F Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah
dipelajari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan lambang
bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
F Melakukan menjiplak
bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
F Menebalkan bentuk
huruf lepas e , o, m , n, b , d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengenal
warna lain selain warna dasar.
F Membaca huruf, suku kata dan kata yang
ditulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan
untuk mengenal warna dasar, dengan menggunakan cat air, spidol, pensil warna.
F Mewarnai lingkaran,
persegi dan segi tiga dngan warna dasar yang berbeda.
F Mewarnai gambar benda
alam dengan warna yag sesuai.
F Mewarnai gambar benda
lain dengan warna yang sesuai.
F Menyalin / mencontoh
huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf a, I, u, e, o , m, b, d, dan n, b, d
F Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu ”
Bangun tidur ”
F Menunjukkan gambar
dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
F Menjelaskan cara
perawatan anggota tubuh yang diamati..
F Menjelaskan perlunya
saling menghargai perbedaan dari tiap individu.
F Menjelaskan bahwa
dari perbedaan dapat menciptakan kerukunan bukan perselisihan.
F Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah
kelompok benda yang telah berurut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan secara
sederhana manfaat merawat anggota tubuh.
F Menyebutkan kerugian
bila tidak merawat anggota tubuh.
F Membiasakan diri
untuk merawat anggota tubuh.
F Menyebutkan jenis
permainan yang biasa dilakukan oleh anak laki-laki
F Memperagakan jenis
permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
F Menyebutkan jenis
permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
F Mengamati sekelompok
benda yang berjumlah 1 – 10.
F Mengelompokkan benda
tersebut dari jumlah yang terbesar.
F Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca
huruf yang sudah ditulis.
F Menceritakan nama
ayah, ibu, kakak, adik dan kerabat yang ada di rumah.
F Menjelaskan hubungan
kekerabatan antara anggota keluarga yang ada di rumah.
F Menjelaskan
bahwa kerukunan harus selalu dijaga.
F Membaca sekelompok
bilangan 1 – 20 secara urut.
F Melingkari bilangan
yang berpola loncat ( kelipatan) 2 .
F Membaca nama bilangan yang berpola loncat 2 .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan/ menyalin kalimat sederhana yang terdiri
dari tiga kata yang dibangun oleh huruf a, i, u, e, o, m, n,b dan d
F Menyalin/ menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam
tulisan tegak bersambung.
F Menyebutkan bilangan
yang berpola loncat 2.
F Menuliskan bilangan
yang berpola loncat 2 di papan tulis..
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalin
kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun dari huruf yang sudah dipelajari
ke dalam buku tulis sendiri.
F Membaca setiap
kalaimat yang ditulis.
F Membaca sekelompok
bilangan 1 – 20 secara urut.
F Melingkari bilangan
yang berpola loncat ( kelipatan) 3 .
F Membaca nama bilangan
yang berpola loncat 3.
F Menirukan kata-kata
yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
F Membaca ulang secara
individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal
e`, e, dan eu.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan
yang berpola loncat 3.
F Menuliskan bilangan
yang berpola loncat 3 di papan tulis..
F Mengeja setiap kata
untuk membedakan bunyi dan penulisan antara
e`, e, dan eu.
F Menunjukkan perbedaan
penulisan huruf e`, e dan eu.
F Menuliskan kata-kata
yang didiktekan yang disusun dari
konsonan dan vokal e`, e, dan eu.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalin/
mencontoh kata yang ditulis di papan tulis.dengan menggunakan huruf lepas.
F Membaca kata-kata
yang ditulis di papan tulis..
F Membaca sekelompok
bilangan 1 – 20 secara urut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kata yang didiktekan guru dengan
menggunakan tulsan tegak bersambung..
F Melingkari bilangan
yang berpola loncat ( kelipatan) 4 .
F Menyebutkan bilangan
yang berpola loncat 4.
F Menuliskan bilangan
yang berpola loncat 4 di papan tulis..
F Membaca nama bilangan yang berpola loncat 4.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca
bilangan yang berpola loncat 2 ,3, dan 4 .
F Membaca setiap
kalimat yang ditulis dalam buku tulis sendiri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan lambang
bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan 4.
F Melengkapi urutan
bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan 4.
F Menyalin/ mencontoh
kalimat dari buku k dalam buku tulis sendiri.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan
percobaan untuk mengenal warna tambahan, dari paduan warna-warna dasar dengan
menggunakan cat air.
F Menyebukan warna baru
hasil dari paduan 2 warna dasar yang berbeda.
F Mewarnai bentuk
dengan warna tambahan.
F Menyalin/ mencotoh
kalimat yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.
F Menyalin / mncontoh kalimat yang didiktean guru
dengan menggunakan tulisan sambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Membuat kesimpulan
dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit
Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Sains SD Kelas
1, Penerbit Buku tematik PT. Tekindo Utama
F Buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Pelajaran
Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
F Buku Bina Bahasa
Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Saya Ingin
Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
F Buku Piwulang Basa SD
Kelas 1, Penerbit Buku
tematik PT. TEKINDO UTAMA.
- Alat Peraga :
F Gambar anggoa tubuh.
F Gambar keluarga dari
majalah / foto keluarga.
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
F Cat air , kuas
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
·
Disiplin : Tindakan
yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan
·
Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
·
Kreatif :
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari
sesuatu yang telah dimiliki
·
Demokratif ; Cara berfikir, bersikap, dan
bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
·
Rasa Ingin tah : Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang
dipelajarinya, dilihat, dan didengar
·
Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan
berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi
terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
·
Bersahabat: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul,
dan bekerja sama dengan orang lain
·
Menghargai prestasi: Sikap
dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna
bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
·
Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk
membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
·
Peduli
lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan
upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
·
Peduli
sosial:
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang
lain dan masyarakat yang membutuhkan
Tanggung
jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa
|
1.
IPS :
·
Menyebutkan nama
lengkap dan panggilan besreta usia.
·
Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat
sekolah .
·
Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota
keluarga yang tinggal di rumah.
2.
IPA :
·
Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung,
telinga, gigi, dll)
·
Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang
diamati.
·
Menunjukkan cara merewat tubuh.
·
Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat.
3.
PKN :
·
Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara
perempuan dan laki-laki.
·
Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh
laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh
anak laki-laki dan anak perempuan.
4.
Matematika :
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah
lebih banyak dan lebih sedikit.
·
Membaca dan menulis lambing bilangan.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola
teratur dari yang terkecil.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola
teratur mulai dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2, 3, dan 4.
5.
Bahasa Indonesia :
·
Mencocokkan gambar dengan informasi.
·
Mendengarkan cerita gambar seri tentang
persiapan pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Menyebutkan data diri dan identitas keluarga
dengan kalimat sederhana.
·
Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Menyebutkan nama anggota
6.
Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis,
warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·
Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis,
bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
pilihan ganda
isian
|
1. IPS :
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. nama saya .........
2. rumah saya di
......
3. adik saya ada
.......
4. kakak saya ada
........
5. saya sekolah di
...........
2. IPA :
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1. ini
gambar ………..
a. mata
b. telinga
c. kaki
2. bila
kita makan menggunakan ............
a. tangan
b. Hidung
c. mulut.
3.
membaca menggunakan ......
a. rambut
b. mata
c. Perut
4. mata
saya ada ....
a. satu
b. dua
c. tiga.
5. supaya bersih gigi harus .....
a. dicuci
b. digosok
c. dicabut
3. PKN :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1. ibu saya seorang
...................
2. anak perempuan bermain
.............
3. layang-layang dimainkan
oleh anak ................
4. sesama teman harus selalu
...........
5. bertengkar perbuatan
..........
4. Matematika :
1. gambar kelereng ada
.........................
2. gambar bunga ada
........................
3. gambar pensil ada
...........................
4. bangku di kelas ada
......................
5. penghapus papan
tuls di kelas ada .................
5. Bahasa Indonesia :
·
Cocokkanlah gambar dengan informasi.
·
Ceritakanlah gambar seri tentang persiapan pergi
ke sekolah.
·
nyanyikanlah lagu.
·
Sebutkanlah data diri dan identitas keluarga
dengan kalimat sederhana.
·
Sebutkanlah warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Sebutkanlah nama anggota
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
·
Kelompokkanlah berbagai jenis bintik, garis,
warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·
Kelompokkanlah berbagai ukuran bintik, garis,
bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
I. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
I
( …………………...………
)
NIP/NIK : …………………
|
nah.. gitu..
BalasHapuskalau kepanjangan dipotong pake tag... more
teruskan menulis... apa saja deh yang penting itu bagian dari karya mu... selamat berkarya..
suatu saat ini akan berguna bagi kita semua...
makasih pa,... caranya? :)
BalasHapus